Beranda TOMOHON Satu Warga Tomohon Utara Meninggal Dunia di RSU Bethesda

Satu Warga Tomohon Utara Meninggal Dunia di RSU Bethesda

0
Satu Warga Tomohon Utara Meninggal Dunia di RSU Bethesda

Tomohon,CM- Sehari sebelum warga Tomohon Tengah meninggal dunia berstatus Pasien Dalam Pemantauan (PDP) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anugerah Tomohon.

Pada hari Jumat (17/04/2020) Warga Tomohon Utara berjenis kelamin perempuan, berumur 73 tahun meninggal dunia, di RSU Bethesda.

Menurut informasi yang dirangkum bersama sejumlah insan pers biro Tomohon kepada sumber terkait, menjelaskan kronologis pasien PDP tersebut.

Pasien PDP ini telah dirawat diruang ICU RSU Bethesda Tomohon Sejak hari minggu 12 April 2020, dan menghembuskan napas terakhir malam ini, sekitar pada Jumat (17/04/2020) pukul 19.12 Wita.

“Perlu diketahui, Pasien tersebut pada saat masuk dengan gejala sesak nafas, setelah didiagnosa oleh tim medis ternyata menderita Gagal jantung kongestif, atau dalam istilah medis disebut dengan congestive heart failure (CHF), dalam perkembangan perawatan pasien yang bersangkutan terjadi peradangan paru disebabkan tirah baring yang cukup lama” jelas dia.

Untuk itu, berdasarkan dengan protokol yang baru, bahwa semua orang dengan sakit apapun, dengan atau tidak adanya riwayat perjalanan, serta kontak erat resiko tinggi dgn pasien covid-19 dan masuk ke RS tetap discreening dengan foto thoraks (Seluruh dada).

Apabila foto thoraks menggambarkan bahwa yang bersangkutan ada peradangan paru, maka pasien itu akan ditetapkan sebagai PDP-covid-19. Hal ini dilakukan dalam rangka melindungi tenaga medis agar tidak terjangkit sehingga  semua pasien bisa ditangani dengan protokol covid 19.

“Hasil pemeriksaan rapid dignostic test (RDT) almarhum dinyataka negatif sehingga sudah dilakukan pemeriksaan real-time Reverse Transcriptase- Polimerase Chain Reaction (rRT-PCR) dengan mengambil swab hapusan tenggorokan untuk memastikan Covid-19 atau tidak yang diteliti di laboratorium Kemenkes Jakarta yang hasilnya sekitar 7- 10 hari” Lanjutnya.

Pemakaman dilakukan di kelurahan setempat, menggunakan protokol penanganan jenasah Covid-19, yang akan disaksikan oleh keluarga, pemerintah, Kepolisian, TNI dan tokoh agama. Pemakaman dilakukan pada hari itu juga tepatnya tadi malam. (RM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here