Beranda TOMOHON JFE Apresiasi Disdukcapil, Tulus Melayani Masyarakat

JFE Apresiasi Disdukcapil, Tulus Melayani Masyarakat

0
JFE Apresiasi Disdukcapil, Tulus Melayani Masyarakat

Tomohon,CM- Pemerintah Kota Tomohon menerima kunjungan dari Ombudsman RI wilayah Sulawesi Utara (Sulut), yang diterima di Rumah Dinas Walikota, jumat (14/2/2020).

Kunjungan ini di terima oleh Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman (JFE) SE Ak CA, dalam rangka penyampaian hasil penilaian kepatuhan tentang standar pelayanan publik sesuai UU No 25 Tahun 2019 tentang pelayanan publik bagi Pemerintah Kota Tomohon Tahun 2019.

Pada kunjungan tersebut Kepala Ombudsman Perwakilan Sulut Helda R Tirajoh SH MH, mengakui nilai kepatuhan tentang standar pelayanan publik Pemkot Tomohon berada pada zona kuning yakni tingkat kepatuhannya sedang dengan nilai 69,22.

“Dari penilaian tersebut, didalamnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) bisa mencapai standart pelayanan publik tertinggi dari semua perangkat daerah yang ada di Kota Tomohon, dengan pencapaian nilai 81,00.” urai Tirajoh.

Lanjut Tirajoh, “Capaian ini tentunya sangat mendongkrat nilai keseluruhan sehingga kota Tomohon bisa masuk Zona kuning secara berturut-turut dari tahun 2018 dan 2019. Sebelumnya masuk Zona Merah di tahun 2017 lalu.” terang dia.

Sementara, Walikota Eman mengungkapkan, sangat bersyukur Kota Tomohon masuk pada Zona Kuning, apalagi jajarannya terus berupaya dalam memberikan pelayanan publik yang prima dan tangguh, salah satunya Dinas Dukcapil yang berhasil meraih poin tertinggi dengan nilai 81.00 dalam 5 produk pelayanan yakni Pembuatan Katu Tanda, Penduduk (KTP), Penerbitan Akta Kelahiran, Pembuatan Kartu Keluarga (KK), Penerbitan Akta Kematian, Penerbitan Akta Perkawinan.

“Dengan melihat capain ini masih banyak lagi yang harus dibenahi, namun tentunya sudah merasa bangga boleh memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dalam bidang administrasi kependudukan. Untuk itu saya memberikan apresiasi khususnya kepada Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Albert J Tulus SH beserta jajarannya. Semoga pelayanan yang tulus, prima dan tangguh ini dapat dipertahankan serta semakin ditingkatkan lagi kedepannya.” aku Walikota Eman.

Terpisah, Kepala Dinas Dukcapil Albert J Tulus SH mengungkapkan, “Capain yang diraih ini, berkat kerja sama tim. Kompak, semangat dan ketulusan dalam melayani, siap mewujudkan serta meningkatkan pelayanan publik kearah yang semakin baik.” aku tulus.

Ditambahkannya, “Kedepan, Disdukcapil Tomohon berkomitmen akan berupaya lebih meningkatkan standart pelayanan publik sesuai arahan bapak Walikota Tomohon agar kiranya naik level Zona hijau.” tutup Tulus.

Diketahui, Kategori penilaian Ombudsman RI untuk Pemerintah Daerah yakni nilai 0 – 50 tingkat kepatuhan rendah zona merah, nilai 51 – 80 tingkat kepatuhan sedang zona kuning, nilai 81 – 100 tingkat kepatuhan tinggi zona hijau. (micky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here