16.7 C
London
Jumat, Juni 18, 2021

Entry Briefing Bersama BPK, Eman Minta Jajarannya Proaktif

- Advertisement -
- Advertisement -

Tomohon,CM- Diawal tahun 2020, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI kembali mengaudit LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) Kota Tomohon tahun Anggaran 2019, selama 30 hari.

Pada hari Jumat (14/02/20), BPK RI melaksanakan Entry Briefing Pemeriksaan Interim terkait LKPD bersama Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA didampingi Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang MSc bersama seluruh jajaran perangkat daerah tahun Anggaran 2019, yang dilaksanakan bertempat di Rumah Dinas Walikota Jumat (14/2/2020).

Kegiatan BPK RI (Badan Pemeriksa Keuangan atas LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) Kota Tomohon Tahun Anggaran 2019,

Walikota Tomohon dalam kesempatan itu menegaskan, untuk pemeriksaan LKPD ini agar para Perangkat Daerah untuk selalu siap dan bahkan proaktif dalam mempersiapkan permintaan dokumen oleh tim pemeriksa, dan apabila ada kendala yang ditemui segera dikordinasikan dan secepatnya diselesaikan.

“Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon patut berbangga karena telah mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian WTP dari BPK RI 6 kali berturut-turut. Tentu ini merupakan capaian yang patut kita banggakan, namun itu semua terwujud tidak lepas dari perbaikan akuntabilitas pertanggungjawaban keuangan daerah yang terlaksana sesuai dengan rekomendasi BPK”, kata Eman.

Untuk itu, Sangat diharapkan agar pemeriksaan ini berjalan dengan baik, dan pada penyerahan LKPD dapat terlaksana sebelum batas waktu yang ditentukan.

“Kiranya kita sekalian senantiasa melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan tetap berdasarkan pada koridor aturan yang ada”, ujar Eman.

Sementara, Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Sulut Karyadi SE MM AK CA CFRA CSFA dalam pertemuan itu memuji Pemerintah Kota Tomohon atas capain yang sudah diraih kaitan pemeriksaan keuangan yang telah mendapat opini WTP 6 kali berturut-turut. “Hal ini merupakan prestasi yang baik”, kata Karyadi.

Dijelaskannya tujuan dari pemeriksaan interim atas LKPD yakni pemantauan tindak lanjut, penilaian efektifitas SPI, penilaian kepatuhan atas peraturan UU dan pengujian substansi terbatas pada transaksi/saldo akun-akun tertentu.

Tampak hadir para Kepala Perangkat Daerah Pemkot Tomohon, bersama para Camat dan Lurah se Kota Tomohon. (micky)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here