16.7 C
London
Jumat, Juni 18, 2021

Dipusatkan di Minsel, Peringatan Hari Dharma Samudera Berlangsung Meriah

- Advertisement -
- Advertisement -

MINSEL, CahayaManado.com – Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tepatnya di Amurang, mendapat kehormatan karena menjadi pusat dari peringatan Hari Dharma Samudera Provinsi Sulawesi Utara.

 

Kegiatan yang diprakarsai oleh TNI Angkatan Laut (AL) ini berlangsung meriah dan sukses.

 

 

Acara peringatan hari Dharma Samudera, pada Rabu (15/1/2020) diawali dengan meresmikan rehab Tugu KKO Amurang. Dilanjutkan dengan pelepasan peserta barisan napak tilas pendaratan KKO.

 

Aksi pasukan Marinir dilibatkan dalam kegiatan simulasi pelepasan sandera, kemudian berlanjut melaksanakan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah PMI Minsel dan khitanan massal.

 

 

Puncak peringatan hari Dharma Samudera dilaksanakan dengan menggelar upacara di pesisir teluk Amurang.

 

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Laksamana Pertama Gig Yosias Sipasulta M.Mar.Stud bertindak selaku inspektur upacara didampingi Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu.

 

 

Usai menggelar upacara, Danlantamal VIII mengatakan dipilihnya Kabupaten Minsel adalah untuk mengingatkan bahwa dulu pernah ada pendaratan KKO. “Saya mengingatkan masyarakat Minsel, khususnya di Kota Amurang bahwa rasa itu harus tetap selalu ada,” kata Danlantamal VIII.

 

Dirinya menginformasikan bahwa setidaknya ada sekitar 300 orang dari TNI Angkatan Laut AL terlibat dalam upacara ini. Bahkan ada pula dari TNI AD, Kepolisian, Satpol-PP, penyelam, siswa sekolah Kelautan dan Pramuka.

 

 

Sementara itu, Bupati Minsel mengakui bahwa kegiatan seperti ini sangatlah luar biasa. “Terima kasih banyak kepada bapak Danlantamal, karena efek kegiatan ini sangat baik bagi masyarakat kami. Tentunya saya memohon jangan cuma sekali ini, kalau bisa dapat juga dilaksanakan di tahun-tahun yang akan datang,” ujar Bupati Christiany Paruntu.

 

Bupati kebanggaan masyarakat Minsel ini, mengaku memberikan dukungan penuh ke TNI AL dan berjanji akan memberikan 1 areal untuk 1 kompi.

 

 

Tampak di kegiatan ini, Wakil Bupati Franky Donny Wongkar, Kapolres Minsel AKBP. Bangun Widi Septo SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Minsel I Wayan Eka Miartha SH, MH, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo, S.Sos, MSi,

 

Hadir pula Wakil Ketua DPRD Minsel Paulman Runtuwene, Ketua Pengadilan Negeri Minsel Royke Inkiriwang SH dan Ketua Pengadilan Agama Minsel Nur Amin, S.Ag., MH serta masyarakat Minsel.

 

(Vimara/Advetorial)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here