19.6 C
London
Jumat, September 17, 2021

Gandeng Tomas dan Toga, Pemkot Tomohon Terus Gaungkan “GERMAS”

- Advertisement -
- Advertisement -

Tomohon,CM- Pemerintah pusat terus melakukan berbagai perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku masyarakat kearah yang lebih sehat secara sistematis dan terencana, seperti apa yang digaungkan oleh Presiden RI Ir Joko Widodo (Jokowi) yakni revolusi mental, salah satu telah diuraikan dalam Inpres nomor 1 tahun 2017 yakni Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Hal ini dipandang penting dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik. Tiap daerah di Indonesia terus membuat gebrakan dengan mensosialisasikan serta menerapkan Germas di wilayah lingkungan masing-masing.

Begitu juga halnya dengan Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar Peningkatan Pengetahuan Germas Bagi Tokoh Agama/Masyarakat (Tomas dan Toga), Kamis 5 Desember 2019.

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kadis Kesehatan dr Deesje Liuw MBiomed saat membuka kegiatan mengatakan, Germas dapat dilakukan banyak hal, yakni dengan cara melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban yang sehat.

“Germas dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur setiap hari serta memeriksakan kesehatan secara rutin. Untuk itu mulailah dari diri sendiri dan keluarga.” jelas Liuw didampingi oleh Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat dan Promosi Kesehatan (KMPK) Moudy S. Pusung, S.Kep, Ns, M.Kes. dan Kepala Seksi (Kasie) KMPK Benny Purba SKM.

Liuw juga mengajak para Tomas dan Toga untuk menjadikan Germas sebagai gaya hidup yang baru, agar tercipta manusia yang sehat dan kuat sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

“Saya berharap para Tomas beserta Toga, agar kembali mensosialisasikan materi yang telah didapat yakni terkait Germas. Sehingga dapat terwujud derajat kesehatan masyarakat yang lebih Berkualitas dan Tangguh.” ajak Liuw. (micky)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here