11.1 C
London
Rabu, September 29, 2021

Pemdes Lansot Fokus Tingkatkan Fasilitas Umum

- Advertisement -
- Advertisement -

MINSEL, CAHAYAMANADO – Bergulirnya anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), yang jumlah totalnya sebesar Rp 1.044.348.000, dari pemerintah pusat kepada Desa Lansot Kecamatan Tareran, dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Lansot untuk pembangunan di beberapa bidang.

 

Yakni bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

 

Namun, dari bidang-bidang kegiatan itu anggaran terbesar terdapat di bidang pelaksanaan pembangunan desa. Artinya, Pemdes Lansot masih fokus melanjutkan dan meningkatkan pembangunan fasilitas umum yang dibutuhkan warganya.

 

Hukum Tua Desa Lansot Herry Sumendap mengatakan, Pemdes berupaya untuk mensejahterakan warga desa. Untuk itu pihaknya telah melaksanakan berbagai pembangunan serta pembenahan infrastruktur dan fasilitas umum, seperti pengerasan jalan Kelembung, renovasi Balai Pertemuan Umum (BPU) serta pembangunan bak penampungan air bersih.

 

“Pembenahan atau pembangunan fasilitas umum, bisa dikatakan sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam keinginan untuk pemerataan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat desa,” kata Sumendap.

 

 

Sumendap menambahkan, anggaran pengerasan jalan Kelembung sepanjang 357 meter sebesar Rp 143.583.000, renovasi BPU sebesar Rp 95.957.000, pembangunan bak penampungan air bersih Rp 40.000.000. Untuk anggaran bersumber dari tahap III DD 2019.

 

“Seluruh pembangunan tersebut berdasarkan hasil kesepakatan bersama antara Pemdes dan warga masyarakat. Dan kami melakukannya secara transparan,” jelas Sumendap yang didampingi Sekdes Frits Rumerung.

 

“Dengan dibangunnya fasilitas umum ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga desa, melalui peningkatan ekonomi kerakyatan. Kami juga sangat berterima kasih pada pemerintah pusat telah menggulirkan dana desa yang diperuntukan untuk peningkatan kesejahteraan,” ujar Sumendap lagi.

 

Selain itu dirinya meminta kepada warga Desa Lansot untuk sama-sama mengawasi penggunaan dan pelaksanaan anggaran DD.

 

(Vimara)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here