Beranda Desa Dorong BUMDes, Camat Mokat Agendakan Evaluasi Rutin

Dorong BUMDes, Camat Mokat Agendakan Evaluasi Rutin

MITRA, CahayaManado. com – Pemerintah Kecamatan Tombatu Utara dibantu pendamping desa mulai intens melaksanakan evaluasi perkembangan BUMDes di Aula Petua’an Kecamatan Tombatu Utara, Senin (2/12/2019).

 

Hadir pada kegiatan ini TA P3MD Silvia Sondakh SE dan Denny Sandag, Sekcam Vice Losung, Kasie PMD Max Mosey, S.Sos, Kasie Pelayanan Ekonomi Meike Liando SSos, Hukum Tua Winorangian Wenny Somba, Kuyanga Dolly Tumewan, Kuyanga Satu Dannie Mangeber, Tombatu Tiga Robert Manoppo, Tombatu Tiga Tengah Ronald Polii, Tombatu Dua Utara Irma Deysi Pelleng, Tombatu Dua Robert Arikalang, Tombatu Dua Barat Audy Ngantun, Tombatu Dua Tengah Jois Tuda bersama pengurus BUMDes, PDP/PDTI dan Pendamping Lokal Desa.

 

Camat Tombatu Utara Helda Mokat dalam sambutannya mengatakan akan memprioritaskan transparansi pengelolaan keuangan agar dapat memperjelas keadaan BUMDes dengan baik.

 

“Atas dasar Rakorev Provinsi yang dilaksanakan pekan lalu. Kami tidak mau ketinggalan, seperti di Atoga luar biasa pendapatannya sampai 350 juta per tahun,” katanya.

 

Mokat menegaskan akan terus mendampingi dan mengevaluasi.

 

“Ini akan menjadi agenda rutin. Saya juga setiap minggu evaluasi hukum tua menyesuaikan dengan kepala seksi. Agar kinerja berjalan baik,” ungkapnya.

 

Sementara dari pihak TA P3MD  Silvia Sondakh menjadi pemateri mengapresiasi program kecamatan Tombatu Utara. Pasalnya dari 10 desa semua BUMDes sudah bergerak aktif. Juga pemerintah kecamatan sangat intens terhadap perkembangan BUMDes.

 

“Karena dari evaluasi di Mitra masih banyak desa-desa yang belum membentuk BUMDes dari sisi kelembagaan,” katanya.

 

Menurutnya jelembagaan dan kepengurusan Perdes, AD/ART, SK Hukum Tua merupakan hal terpenting dalam memulai menggerakan BUMDes.

 

“Misalnya ada yang tidak tahu Perbup masa kepengurusan 3 Tahun, jadi semua ada mekanisme,” tukasnya.

 

(Ridel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Purna Praja Berduka, Mayoret Angkatan XVII Itu Sudah Mendahului

Selamat Jalan Orang Baik Gledyes Tadete, SSTP....    Oleh : Altin Sualang, SSTP, MPA.     Dewasa, tangguh dan keibuan. Itu kesan pertama saya kepada Edys, begitu dia biasa...

‘Maremu’ Spesialis Gereja Berhasil Diciduk Tim Totosik dan Waruga

CahayaManado.com- Setelah sekian lama, pasca dilaporkan ke Polres Tomohon bahwa pencurian di tempat ibadah marak terjadi di Sulawesi Utara (Sulut) khususnya di Kota Tomohon,...

Cemarkan Nama Baik VB, Pemilik Akun Leddy Sangi Terancam Dibui

Tomohon,CM- Pemilihan Waki Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon tahun 2020 sudah semakin dekat. Tensi sejumlah Pengguna akun di Media Sosial sudah semakin meninggi. Imbasnya,...

Terpilih Aklamasi, MJLW ‘Nakhodai’ Golkar Tomohon Periode 2020-2025

CahayaManado.com- Secara Aklamasi Miky Junita Linda Wenur (MJLW), terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golongan Karya (Golkar) Tomohon. Srikandi Kota Tomohon terpilih...