Beranda MINAHASA Program Kemitraan Masyarakat Kreativitas Usaha BUMDes Lemoh Raya di Kecamatan Tombariri Timur

Program Kemitraan Masyarakat Kreativitas Usaha BUMDes Lemoh Raya di Kecamatan Tombariri Timur

0
Program Kemitraan Masyarakat Kreativitas Usaha BUMDes Lemoh Raya di Kecamatan Tombariri Timur

Tim Kerja : Dedy Natanael Baramuli, SE, MSi KetuaTim 
Dr. Rita Norce Taroreh, SE., MPd. Anggota Tim

Setiap desa memiliki potensi yang beragam. Mengetahui potensi ekonomi desa menjadi sangat penting saat ini, karena merupakan salah satu langkah awal dalam upaya meningkatkan kualitas ekonomi di seluruh pelosok negeri. Ada banyak sekali potensi daerah yang dapat digali. Salah satunya adalah dengan program BUMDesa.

Sejak tahun 2014, tepatnya setelah Undang-Undang tentang Desa diterbitkan, pemerintah mulai mendorong pemerintahan desa untuk dapat mengelola dana anggaran untuk desa secara mandiri. Tentu, dengan melingkupi beberapa aspek dan program ekonomi unggulan. Tujuannya adalah untuk penyerapan anggaran desa yang lebih berdaya guna.

BUMDesa adalah sebuah badan usaha yang dibentuk dengan tujuan akhir untuk mensejahterakan masyarakat desa. BUMDesa hadir untuk memberikan fasilitas bagi setiap warga negara yang memiliki potensi, baik barang maupun jasa.

Banyak desa yang berhasil mengentaskan persoalan-persoalan layanan dasar warganya berkat BUMDesa. Namun sebaliknya, tidak bisa dipungkiri pula banyak desa yang gagal menjalankan program ini, sehingga keberadaan BUMDesa hanya sebagai pelengkap pemerintahan saja, tetapi tidak menjalankan fungsi sebagaiana seharusnya.

Analisis Situasi

Lemoh Raya telah ada sejak tahun 1770, namun sejak tanggal 3 Oktober 2007 melalui Surat Keputusan Bupati Minahasa, Desa Lemoh dimekarkan. Istilah Lemoh Raya merupakan gabungan dari empat desa pemekaran Desa Lemoh yang meliputi: Desa Lemoh, Desa Lemoh Uner, Desa Lemoh Timur dan Desa Lemoh Barat.

Berdasarkan observasi awal dan hasil wawancara dengan masyarakat dan hukum tua yang ada di Lemoh Raya ditemukan bahwa Lemoh Raya memiliki banyak potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dapat dikelola untuk mendatangkan kesejahteraan masyarakat.

Secara geografis, Lemoh Raya merupakan gugusan empat buah desa yang berada di jalur utama yang menghubungkan Tanawangko dan Kota Tomohon yang adalah jalur alternative satu-satunya bagi desa-desa yang berada di pantai utara Sulawesi Utara menuju ibukota Kabupaten Minahasa yang berada di Tondano.

Sebagai jalur utama penghubung transportasi darat, mobilitas masyarakat Lemoh Raya tergolong sangat tinggi untuk mengakses potensi-potensi masyarakatnya maupun masyarakat di sekitarnya.

Permasalahan Mitra

Sampai saat ini, potensi yang besar dimiliki oleh Lemoh Raya dari sumber daya alam, lingkungan bahkan sumber daya manusia belum tergarap sepenuhnya oleh usaha yang dikelola oleh BUMDesa yang ada di Lemoh Raya. Berdasarkan informasi dari kepala desa yang ada di Lemoh Raya, dari empat BUMDesa yang ada di Lemoh Raya, terdapat tiga BUMDesa yang beroperasi yaitu BUMDesa Lemoh, BUMDesa Lemoh Barat, dan BUMDesa Lemoh Uner, sedangkan satunya lagi tidak beroperasi secara maksimal yaitu BUMDesa Lemoh Timur.

Dari tiga Bumdesa yang beroperasi, dua BUMDesa Lemoh dan BUMDesa Lemoh Barat hanya melakukan pengelolaan air bersih desa, sedangkan BUMDesa Lemoh Uner hanya melakukan usaha distribusi kebutuhan pertanian.

Kenyataan ini menunjukkan bahwa usaha-usaha yang dilaksanakan oleh BUMDesa yang ada di Lemoh Raya masih terbatas, padahal keleluasaan yang bear diberikan oleh pemerintah bagi pengurus BUMDesa untuk mengekplorasi potensi yang dimiliki oleh desa.

Mengingat potensi Lemoh Raya yang besar bagi BUMDesa untuk dapat menambah bidang-bidang usaha lainnya sambil mempertahankan dan mengembangkan bidang usaha yang sudah digeluti saat ini.

Disadari pula, masih banyak kelemahan yang dihadapi oleh BUMDesa Lemoh Raya. Sebagian besar pengurus BUMDesa Lemoh Raya belum memiliki pengalaman dalam mengelola usaha dan tidak memiliki wawasan usaha kreatif yang dapat memajukan BUMDesa. Hal ini menyebabkan bidang usaha yang digeluti masih sangat minim dan seragam antara BUMDesa yang satu dengan BUMDesa lainnya.

Pelaksanaan Kegiatan

Metode pelaksanaan kegiatan berupa ceramah, pelatihan dan pendampingan usaha meliputi:

Pengenalan mengenai aturan, maksud dan tujuan BUMDesa di Indonesia,
Pengenalan tentang usaha-usaha kreatif yang pernah ada dan berhasil dilakukan oleh pengurus BUMDesa di Indonesia
Mengenali dan memanfaatkan potensi desa untuk pengembangan usaha BUMDesa
Pengenalan manajemen usaha BUMDesa dalam hal produksi, keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia.

Pendampingan usaha bagi BUMDesa yang secara kreatif dapat memperluas usaha kreatifnya.

Hasil yang dicapai

Kegiatan kemitraan masyarakat kepada pengurus BUMDesa yang ada di Lemoh Raya ini telah dilaksanakan pada hari Minggu Tanggal 21 Juli 2019 Pukul 16.00 WITA sampai selesai bertempat di Wanata Lemoh Barat. Kegiatan ini diikuti 27 orang yang terdiri dari: 2 orang hukum tua, 15 orang pengurus BUMDesa yang ada di Lemoh Raya, 1 orang pemateri yang merupakan Direktur BUMDesa Sea Satu, dan 5 orang tenaga pengajar (dosen) jurusan akuntansi, dan 2 orang tenaga pengajar jurusan manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat .

Kegiatan dilaksanakan berupa ceramah dan praktek manajemen sederhana dalam pengelolaan usaha BUMDesa.

Ceramah

Ceramah diberikan Bersama-sama oleh tenaga pengajar (dosen) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat dan Direktur BUMDesa Sea Satu Kecamatan Pineleng.

Melalui ceramah, peserta diberikan materi mengenai:
(1) Aturan, maksud dan tujuan pembentukan BUMDesa,
(2) Contoh Usaha-usaha kreatif BUMDesa yang pernah ada dan dilakukan oleh pengurus BUMDesa lainnya di Indonesia
(3) Identifikasi potensi Lemoh Raya dan peluang pengembangan usaha BUMDesa
(4) Manajemen usaha BUMDesa dalam hal produksi, keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia.

Praktek manajemen usaha BUMDesa
Selain ceramah, pengurus BUMDesa mempraktekkan manajemen usaha BUMDesa meliputi:
Membuat perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha BUMDesa
Melakukan pencatatan dan pengelolaan keuangan usaha BUMDesa
Mengelola tenaga kerja yang dimiliki oleh BUMDesa, dan
Strategi pemasaran produk/jasa yang dihasilkan BUMDesa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here